Persedian Obat di Rumah Selama Memiliki Bayi dan Balita

Semenjak bisma lahir, saya mulai browsing untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan untuk perkembangan nya kelak. Salah satunya menyiapkan obat-obatan di rumah.

Obat demam
Walaupun bisma tergolong jarang sekali demam, alhmadullilah. Sampai usianya yang sekarang 16 bulan baru 1 kali demam, setelah diperiksa ke dokter spesialis anak ternyata terkena radang tenggorokan. Obat demam yang ada di rumah adalah praxion drops. Bentuk drops atau cair lebih suka saya pilih karena bisma cenderung suka obat bentuk ini, mudah pula meminumkannya. Biasanya saya memilih bentuk drops yang memiliki rasa yang lumayan enak agar tidak muntah setelah meminumnya. Kalau muntah setelah minum obat,ya sama saja boong namanya :(

Nah untuk mengukur anak demam atau tidak pastilah harus sedia termometer di rumah. Termometer yang saya pilih adalah termometer digital , karena praktis dan juga murah lo Bu ibu, hanya sekitar 15-20 rb saya yg perlu saya keluarkan. Anak dikatakan demam bila, suhu tubuhnya 38 derajat C.



Kompres demam cool pack bye bye fever untuk juga saya sediakan di rumah, tapi sayangnya bisma malah kaget dan menangis setiap ditempel cool pack ini ke dahinya. Beberapa kali dicoba hasilnya pun tetap sama, walaupun dia sedang tidur sekalipun. Jadi ayahnya memutuskan untuk tidak usah memberikan kompres dingin ini.

Obat antiseptik
Obat antiseptik yang saya sediakan dirumah adalah kasa,plester,alkohol,obat luka. Saya rasa ini yang paling sering digunakan, terutama saat bisma mulai belajar berjalan. Yang mana karena namanya juga baru belajar sering sekali jatuh dan terluka ringan. Entah, tangan kaki,dahi dll. karena saking semangatnya bisma belajar, alhamdullilah di usianya yang genap 8 bulan dia sudah bisa berjalan, duh senangnya ^____________^














Obat batuk
Nah bisma juga lumayan sering terkena batuk, sebelum dikasih obat biasanya saya memilih obat herbal terlebih dulu, baru setelah obat herbal tidak mempan dikasih obat pabrik. Menurut ibu ku obat batuk anak bayi yaitu air perasan jahe atau kencur, agar rasanya enak ditambah madu. Obat merk uni baby juga ada di rumah, tapi setiap kali diberi obat ini bisma selalu muntah. Mungkin tidak cocok, padahal anak kakak ipar minum obat cocok, tapi tidak buat bisma. Nah ada juga obat bentuk drops yang rasa dan baunya seperti sirup apel, kalau yang ini resep dari dokter spesialis anak langganan bisma.

Obat pilek
Nah ini dia yang paling sering dialami bisma yaitu pilek. Kasihan sekali kalau dia lagi pilek, tidurnya pun tidak nyenyak dan mudah sekali rewel. Untuk meredakan pilek biasanya saya kasih baby balsem atau BB transpulmin oles-oles di dada dan punggung bayi. Wangi dan aromanya yang enak dapat melegakan hidung si kecil yang mampet.


Kadang saya juga memakai balsem khusus untuk bayi. Oles-oles secukupnya di dada dan punggung bayi.

Atau bisa juga memakai ini


Alat penyedot hidung merk pigeon pun saya beli untuk menyedot ingusnya bila sedang pilek, karena bayi kan belum bisa sisi (mengeluarkan ingus) sendiri ya seperti layaknya kita orang dewasa.


Sebenarnya pilek ini yang paling membuat saya bingung, karena sepertinya dia pilek karena alergi. Setiap tidur memang di rang bayi AC selelu dinyalakan, maksudnya agar tidurnya lebih nyenyak. Tapi menurut dokter spesialis anak Panti Rapih yang biasa untuk konsultasi bilang kalau suhunya 27 derajat C masih tidak menjadi masalah. Berbagai obat pilek pernah diberikan dari dokter dan RS yang berbeda, nah kesimpulan sementara adalah bisma pilek karena alergi. Karena pileknya hanya malam hari saja saat sedang tidur hadeh....itupun hanya sebentar biasanya hanya 1 kali selama 4-5 hari dalam sebulan. Mulai usia 16 bulan ini bisma sudah mendapat imunisasi influenza, harganya mulai dari 210 ribu 1x suntik. Ini baru suntik yg pertama, nanti setelah 3 bulan perlu suntik ulangan. Nah, menurut dokter spesialis anak ternyata imun ini bisa mulai diberikan saat usia anak di atas 6 bulan. Nah kalau tau dari dulu pasti sudah dilakukan, karena menurut tabel di jadwal imunisasi anak tertulis mulai 1 tahun ke atas. Itupun bisma tertunda terus karena sering tidak fit saat batuk pilek. Menurut saya imunisasi influenza ini sangat penting. Karena saya paling tidak tega melihat anak terkena flu.  

Obat untuk diare dan pencernaan
Ini salah saya sebenarnya, karena tidak imunisasi rotarix, menyesal sekali rasanya. Seandainya waktu masih bisa diputar kembali. Imunisasi rotarix memang tidak murah sekitar 300-400 ribu sekali suntik. Dan kalau tidak salah butuh 4x suntik sampai bayi usia 6 bulan. Apalagi bisma tidak ASI eksklusif daris semenjak dia lahir. Otomatis pencernaan menjadi organ yang paling sensitif, bisma tergolong sering sekali terkena diare, sampai cape karena harus bolak-balik RS dan mencari susu formula yang pas untuknya. Nah untuk pencegahan pertama, saya selalu sedia oralit. Oralit ini penting untuk mencegah bayi dehidrasi saat diare melanda. Harganya pun cukup murah hanya sekita 500-1000 rupiah saja, kemudian setelah oralit perlu zinc kalau ini resep dari dokter spesialis anak. Di rumah ada zinc berbentuk tablet dan apabila dilarutkan air cepat sekali larut, ada juga bentuk zinc elemental syrup ini pun praktis karena bentknya yang sudah cair.



Kemudian Lacto B juga harus ada di lemari es. Nah lacto B ini menurut beberapa artikel yang pernah saya baca adalah semacam bakteri baik bagi organ pencernaan bayi. Sama halnya dengan orang dewasa saat minum yakult ataupun vitacharm.

Obat gatal dan gigitan serangga
Nah minyak telon wajib ada sampai anak usia 2 tahun, minyak telon ini banyak sekali manfaatnya, mulai dari menghangatkan tubuh bayi sehabis mandi dengan oles-oles di tangan,perut kaki dan punggung, untuk mencegah bayi kembung, gigitang serangga kecil dsb nya. Kalau anak di atas 2 tahun sudah boleh memakai minyak kayu putih anak.


Untuk lotion pencegah juga saya sediakan johson baby clear lotion cukup oles di tangan dan kaki, produk ini untuk usia anak di atas 1 tahun.


Kalau di bawah 1 tahun bisma dulu pake kelambu yang aman, kelambu bayi dibawa kemana-mana he2. Kalau di kamar sebelum bayi tidur atau beraktifitas di dalam kamar, saya semprot dulu pake produk obat nyamuk yang one push karena hanya cukup semprot 1 detik bebas nyamuk 12 jam hahaha...iklan banget deh ya, wanginya juga cepat hilang sehingga tidak membuat pernafasan sesak. Setelah beberapa saat disemprot cukup nyalakan AC saja, ha3...

Obat luka bakar
Nah, ini dia obat yang paling sering make adalah mama-nya karena sering banget setiap kali masak, terkena muncratan minyak goreng panas :( oh..poor me, obat luka bakar yang ada di rumah adalah merk bioplacenton.


Obat luka memar
Obat luka ini penting juga, karena bisma suka banget ngawur jalannya. Mana yang nabrak meja, nabrak pintu, nabrak pager, kejedot lemari dll. Walhasil benjol deh jadinya, maka yang perlu dilakukan adalah memberi obat agar tidak memar. Pertolongan pertama biasanya cukup pake minol saja, yang muarh meriah he2..> Nah kalau lukanya sudah parah, benjol berwarna biru baru deh dikasih thrombopop.   


Yang alain apa lagi ya, tar diupdate lagi deh kalo inget :)

Komentar

  1. Untuk obat luka bakar bisa beli MINOL (Minyak Obat Luka) , obat luka tanpa rasa perih juga tidak meninggalkan bekas . Aman buat anak-anak dan dewasa. Pakai nya jg gampang tinggal di olesin di bagian yg luka / memar / kena bakar dll , besok nya udah kering deh ^^ tp jgn kena air saat sudah di tetesin :)

    dpt di order : toko obat / apotek / k24
    web : http://sari-sehat.com/
    email : info@sari-sehat.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer