HATI-HATI Penipuan Kartu Diskon Kartu Kredit

Beberapa hari yang lalu saya menerima telpon dari 021 8352142 sekitar jam3 sore, si penelpon mengaku bernama Amelia dari Bank M*. Begini kira-kira percakapan waktu itu:
A:
Selamat siang Ibu Tifa Rosari.
Saya Amelia dari bank M* . Apakah Ibu sudah menerima kartu kredit X.
Kami mau mengirimkan kartu diskon yg nantinya Ibu dpt menginap di hotel berbintang dengan diskon bla2...
Masa berlaku kartu kredit Ibu sd. tahun berapa 2018 atau 2019?

Saya:
Saya jwb th.X

A:
Tgl lahir Ibu betul di tgl.X bln X thn X

Saya:
Iya betul

A:
Waduh masih muda sekali ya bun..

Saya:
Mulai cuiga, kenapa org ini memakai kata bun?, kata yg tdk resmi..Biasanya kalau org dari bank telpon memakai bhs resmi pikirku.

A;
Kalau no.kartu kredit Ibu betul di no...lalu berapa bun lanjutannya?

Saya:
Langsung saya putus telponnya.Ini org bgmn sih katanya dari kartu kredit bank M* kok tdk tahu no.kartu saya bingung sendiri.
Langsung saya telpon Bank M* Call Center, kalau saya barusan ditelpon org yg mengaku bernama A dari Bank M*. Kemudian tak lama si CS bank M* pun bilang bahwa menurut data di Call Center Bank M* tdk ada yg staf Bank M* yg menelpon saya hari itu. CS pun mengingatkan agar saya berhati-hati terhadap penipuan via direct call semacam ini.
Oke lalu saya pun berfikir darimana org yg mengaku bernama Amelia dari Bank M* tsb mendapat data2 saya, nama, no.HP, TTL, kartu kredit dsb.nya ya ampun...parah sekali.
Saya telp kembali no.021 8352142eh diriject...kecurigaan saya semakin menjadi. Kalau dari bank resmi mestinya ada intro-nya selamat datang di Bank M* bla..bla..lha ini no.apa ya kira2?mencurigakan!!
Wah..ada yg tdk beres ini, lalu saya pun googling untuk mencari info. Ternyata memang banyak penipuan semacam ini.

Berapa hari kemudian si Amelia ini menelpon lagi dg no. yg berbeda yaitu 021 8351146, huuuftt tdk kapok ya kmrn sy riject, mungkin dipikirnya batre HP saya habis kali ya..terus dia nelpon lg...alamaak.
Dan terjadilah kembali percakapan spt ini:

A:
Selamat siang Ibu Tifa sy amelia, apakah sdh menerima kartu kredit bank M*

Saya:
Iy sudah, keperluannya apa ya mb telp sy?

A:
Kami mau mengirim kartu diskon Bu..

Saya:
Lah...kmrn sy telp ktny ini bukan dari Bank M*, anda ini sebenarnya dari mana, keperluannya apa?

A:
Lah sy mmg bukan dari Bank M* Bu, sy mau kirim kartu diskon hotel. Yg kmrn telp Ibu siapa, kalau mau kirim kartu diskon ya jelas dari hotel Bu..

Saya:
Woo..bener2 pengen gue pithes ni orang, jelas2 sy msh inget beberapa hari lalu org yg sama ini nelpon bilangnya dari Bank M* haduh..malah ngeyel lagi..
Daripada buang wkt langsung ku reject aja lagi telpon org tsb.
Ya ampun...ni org kok begini amet ya.

Jadi kesimpulannya,
Memang sy ini orgny curigaan..wwkwkk, apalagi telp yg g jelas kaya gini, kalu mau ngecek no. ini no. siapa pemiliknya kemana ya kira2?
jadi kita tau ini penipuan atau semacam apakah?BINGUNG sendiri....


Komentar

Postingan Populer