Ibu Menyusui Diare

Beberapa hari ini perutku terasa mulas entah salah makan apa?aku ingat2 lagi sepertinya aku sama sekali tidak makan lombok dan makanan yang pedas2...
Yang aku inget pagi-nya itu karena bangun kesiangan dan ga sempet masak sarapan akhirnya aku membeli sarapan nasi padang di pinggir jalan yang kulalui ke kantor. Akupun tidak berani memakai bumbu gule yang pedes apalagi mengambil sambel ijonya itu yang meskipun rasanya enak banget dan menggoda imanku hehehe....
Sudah sejak hamil baby nadine aku berusaha menahan diri untuk tidak makan makanan yang pedas apalagi sambal. Tapi entah kenapa saat itu kepengen sekali makan nasi padang, ya mungkin karena aku sudah lama tidak memakannya barang kali.
Sengaja aku ambil nasi dan ayam goreng saja..ah sedikit kuah di gulai telor yang tidak terlalu pedas itu ga papa menurutku, kutengok kuah-kuah yang lain jauh lebih pedas dari warnanya pun kelihatan merah merona kebanyakan cabai wkwkwk..
Sengaja aku ambil rebusan daun singkong yang agak banyak karena ibu menyusui kan harus banyak makan sayur pikirku. Sudah lengkap, aku ke kasir dan hanya membayar uang 14ribu saja murah juga ya :)
Hari ini ada acara syawalan dikantor jadi aku sengaja tidak membawa bekal, takutnya nanti basi dan tidak termakan kan jadi mubazir. Di acara syawalan aku ambil menu makan opor ayam, kulihat ada pecelnya juga jadi aku ambil juga sayurnya dengan bumbu pecel yang sedikit saja, karena dari pengalaman yang lalu-lalu sambel pecel dari catering pasti pedes rasanya. Kemudian aku ambil bakso tanpa memakai saos cukup kecap saja hehehe... Aku pun tak memakan tengkleng kambing yang penuh sesak diantre teman-teman kantorku, karena tengkleng itu rasanya pasti pedas ya. Sore hari-nya pun aku hanya makan masakan rumah yang aku pun lupa apa menunya, yang jelas aku tak memakai sambal tentunya.
Keesokan harinya waktu mau berangkat ke kantor sudah mules-mules ini perut. Benar juga dikantor pun mulesnya semakin menjadi-jadi, aku harus bolak balik ke wc hiks..hiks..
Pertolongan pertama waktu diare adalah oralit, buru-buru aku ambil oralit yang sengaja aku bawa dari rumah tadi. Saat kubuka dan kuliat tangal expired date-nya olala..ternyata sudah expired bulan mei lalu. Ya sudahlah..tidak jadi minum oralit. Aku cek di kotak obat di kantor pun kosong.
Sepulang kantor karena tidak tahan mulesnya, dan cuma minum 2 gelas teh pahit aku segera ke dokter. Yang lucunya dokter memberikanku obat ratnidin yang setauku itu obat untuk maag ya cape deh  -__-' ...
dengan alasan karena ibu menyusui sepertiku tidak boleh makan obat sembarangan. Apalagi obat yang macem diapet itu lo, karena obat-obatan semacam itu dapat menghambat pergerakan usus. Yang notabene nantinya pun akan dirasakan oleh bayiku karena, bayiku kan minum ASI ya. Dokter pun bilang bahwa obat ini memang tidak akan begitu ngaruh sih di rasa mulesku...ah yo wislah daripada ga ada obat pikirku. Yang terpenting adalah zinc nya harus dihabiskan ya bu..begitu kata dokterku. Zinc itu baik untuk usus dan pencernaan baiklah....
Sempat kutanyakan pula kalo lewat herbal bagaimana dokter, lebih baik minum rebusan daun jambu atau teh pahit saja?dokterku bilang sih teh pahit saja.
Sampai 3 hari pun aku masih saja mules dan diare tapi alhamdullilah setelah itu sembuh. Padahal dihari itu aku tetap saja minum jus jambu yang ditawari bapak-bapak penjual sop ayam waktu aku makan dikantin. Aku sudah bilang kalo aku lagi mules..tapi dia bilang ga papa mbak jus jambu baik juga untuk yang sakit perut..ya sudahlah kubeli juga akhirnya jus jambu itu karena kasihan pada bapak itu. Di kulkas pun ada pepaya manis yang tetap kumakan saat aku diare, karena sudah terlanjur aku beli kemaren lha daripada busuk kan malah eman-eman kebuang..
Jadi intinya bahwa ibu menyusui yang diare tetap harus menjaga cairan yang masuk ke dalam tubuh agar supaya kita tidak dehidrasi, entah itu dengan minum oralit, jus, sari kacang ijo, air putih yang jelas harus banyak minum sebagai pengganti cairan yang hilang karena kita diare.
Terus tidak boleh mengkonsumsi sembarangan obat, ingat ya Bu kita sedang menyusui yang mana apa yang kita makan akan dirasakan pula oleh bayi kita.....
Tablet zinc juga membantu untuk masa pemulihan.

Komentar

Postingan Populer