Persiapan ASI Eksklusif Baby 2

Alhamdullilah diberi kepercayaan untuk punya baby lagi. Berbekal pengalaman melahirkan baby bisma, kali ini saya lebih concern lagi untuk memperisapkan ASI exclusive untuk bayi ke-2 ini. Saya menyadari bahwa sbg ibu yg bekerja/working mom otomatis saya tdk bisa full 24 jam untuk menyusui bayi. Jam kerja di kantor 8 jam belum lagi perjalanan pulang pergi dari rumah ke kantor yg bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya, sehingga total saya bisa meninggalkan bayi saya selama 10 jam..hiks..hiks..sedihnya. Oke saya tdk akan main2 lg,setelah gagal ASI exclusive baby bisma yg ini tdk bole terjadi lg hiks hiks..
Persiapan:
1.Freezer: sudah ada drmh tinggal di service aja, yang ada dirumah kurang lebih seperti ini bentuknya:

Frezeer yg ada dirumah memang jenis kulkas yg full freezer dulu bekas mertua untuk usaha franchise tela-tela. Sewaktu bisma bayi frezeer ini saya isi juga..tapi sayang isinya tdk lebih dari 1 baris rak saja, karena saya baru mulai menyetok ASI 2 hari sebelum masuk kantor walhasil tabungan ASI yg dapat habya sekitar 7-8 botol saja hiks..hiks..
Karena hampir 2 tahun tdk terpakai, kulkas ini nganggur deh jadinya rencana mau diservis tapi kalo engga bisa diservice ya terpaksa beli yg baru.Yg udh diincer sih freezer box harga 2-3 juta.
Frezer box seperti ini penampakannya:

   Freezer box ternyata ada dalam berbagai ukuran, rencana beli dengan ukuran yg kecil saja.Berhubungan
   tabungan limit, rencana mau mencoba memakai kartu kredit bank mandiri cicilan 0% saja untuk
   membelinya. Ya ampun banyak sekali tagihan hutangku besok...tagihan mobil,tagihan asuransi kesehatan
   untuk 4 orang,tagihan jamsostek,tagihan kartu kredit, dll...ampun deh...
2.Botol kaca 100pcs.Drmh msh ada botol 40 pcs.Jd sdh ada kurleb 150 pcs.
   Botol kaca yg saya beli yang seperti ini:
  
3.Pompa ASI.Sudah ada 3 dan semuanya manual.ok
   a.Merk pigeon
      yang saya punya model yg seperti ini, harga di pasaran sekitar 350-400rb:
   

   b.Merk ku ku duck bill
      
Harga tdk jauh beda dengan pigeon, sekitar 350rb. Tp lebih enak memakai yg merk pigeon. Tp sebenarnya pompa ASI itu bersifat personal, artinya belum tentu kita nyaman memakainya orang lain jg akan nyaman. Menurut beberapa artikel yg saya baca hal ini tergantung dari ukuran corong pompa,  ukuran  yg fit/pas untuk masing2 ibu berbeda. Karena memang bentuk&ukuran PD masing2 ibu berbeda juga bukan..jd kita tdk akan tahu pompa ASI yg mana yg cocok untuk kita sebelum kita mencobanya.
c.Merk natur
 




   Pompa ini lumayan agak lebih murah sekitar 175-200rb.
4.Ice gel sudah ada
   Ice gel yg saya beli yang seperti ini:
  
5.Thermal bag: sudah ada
    Yang saya punya seperti ini:
   
 
   Murah meriah hanya 55-60rb, alhamdullilah juga dapat hadiah thermal bag gratis dari wyeth.Thermal bag
   ini bisa menyimpan panas dan dingin. Apabila kita menyimpan ASI perahan cukup ditambah dengan icegel   maka akan tahan hingga 3 jam perjalanan.
6.Nipple cream: sudah ada
   saya beli yang ini, nipple cream by mothercare:
  
   Harganya sekitar 150rb.Nipple cream ini sangan bermanfaat di awal2 menyusui. Saat belajar menyusui
   seringkali puting kita lecet atau terasa sakit di area PD, nipple cream ini berfungsi untuk meredakan rasa
   sakit&nyeri tsb.
7.Breast pad:sudah ada
   saya memilih yg washable,agar lebih awet dan tdk boros seperti ini:
 

 
   Di masa-masa awal menyusi seringkali ASI menetes membasahi baju, dengan menggunakan breastpad
  ASI yg rembes tsb tdk akan membasahi baju. 
8.Nipple puller
   Niple puller merk pigeon:
 

   Nipple puller sangat bermanfaat bagi ibu yg memiliki puting datar atau tenggelam. Dengan memakai nipple
   puller maka puting dapat tertarik sedemikian rupa sehingga memudahkan bayi kita untuk menyusu. Harga
   nipple puller di pasaran sekitar 70-80rb.
9.Box untuk pompa asi
   Bisa kita beli box plastik seperti merk lion star. Jadi setelah digunakan pompa ASI yg telah disteril kita
   letakkan di box plastik agar terhindar dari debu dan kotoran. 
10.ASI Booster: fenugrex,madu
     ASI booster bisa bermacam-macam bentuknya. Dengan mengkonsumsi ASI booster diharapkan
     produksi ASI kita bisa meningkat berkali-kali lipat. Kalau orang jaman dulu misalnya menyarankan kita
     agar memakan daun katuk, bayam, jagung bakar dan sayuran hijau lainnya. Nah, sekarang ada
     bermacam-macam bentuk ASI booster yg dijual, misalnya susu kedelai melilea, fenugrek/hulbah, sari
     kurma, ASI booster dalam bentuk teh, madu juga ada dan masih banyak yg lainnya.
11.Nursing appron
     sudah ada yg seperti ini:
   

     Nursing appron ini berfungsi sbg celemek untuk menutup area PD kita sewaktu kita berada di tempat
     umum. Jadi kita tdk perlu lagi merasa malu atau canggung lagi menyusui bayi kita dimana saja dan kapan
     saja.
12.Sterilizer
     Sterilizer yg saya pilih merk little giant. Ada fungsi untuk menghangatkan makanan bayi&merebus
     telur juga. Harga sekitar 220rb seperti ini bentuknya:
    
Sterilizer ini berfungsi untuk menyeteril dot, pompa ASI, cup feeder, peralatan makan bayi dll. Sebenarnya direbus dengan air mendih juga tdk masalah, tapi pernah kejadian saya lupa mematikan kompor saat merebus dot-dot bayi tsb., walhasil gosong deh dot-dot bayi tsb. Padahal harganya lumayan mahal 1 dot bisa 50-70rb sayang kan..akhirnya saya kapok merebus memakai panci di kompor. 
Dirumah ada juga sterilizer merk IQ baby seperti ini, sayangnya rusak dan belum sempat diservis huhu..
 
13.Warmer
      Warmer ini fungsinya untuk memanaskan ASI dan makanan bayi bisa juga untuk memeras jeruk.
       Saya beli yg seperti ini:
     

14. Nipple shield
      Nipple shield yang saya punya merk medela, seperti ini :
     
      Nipple shield ini berfungsi untuk melindungi PD saat puting kita lecet. Harganya lumayan mahal hampir
      200rb. Tp beberapa artikel menyarankan agar kita tdk memakai nipple shield ini, karena daapat memicu
      bayi kita bingung puting.


     

Komentar

Postingan Populer