Solusi Puting Lecet saat Menyusui

Bagi ibu yang baru melahirkan atau new mom, proses menyusui bayi mungkin akan terasa sakit dan menyiksa. Puting terasa perih dan lama-lama bisa luka atau pun lecet. Pertama kali hal yang harus diperbaiki adalah posisi menyusui. Posisi menyusui yang benar dapat mengurangi luka atau lecet pada puting ibu. Bagaimana posisi menyusui yang benar itu?berikut beberapa gambar yang saya ambil dari google:

Menurut saran dari bidan dan perawat apabila mengalami puting lecet biasanya cukup olesi ASI saja pada puting yang lecet tsb dapat mengurangi keluhan nyerinya. Karena dalam ASI itu terdapat bayak gizi dan nutrisi yang bagus.
Tak pelak begitu pun yang saya alami sesaat setelah melahirkan bayi pertamaku baby bisma, saking sakitnya saya sampai membeli produk medela nipple shield ini waktu itu. Medela nipple shield ini dipakai saat puting lecet.Harganya sekitar IDR 145. Medela nipple shield ini juga bisa dibersihkan dan disterilkan. Biasanya setelah saya selesai memakai alat ini langsung saya cuci dengan sabun khusus pencuci dot kemudian tinggal masukkan di mesin sterilizer. Setelah kering simpan lagi di case-nya.

Berikut beberapa produk lain yang saya gunakan untuk mengurangi keluhan luka dan lecet pada puting.
Mothercare lanolin nipple balm ini berbentuk lotion tinggal oles saja di puting payudara yang lecet.
Sebenarnya banyak banget merk nipple balm yang lain, antara lain
Medela pureland

Pigeon Nipple Care cream





Komentar

Postingan Populer