Resolusi Tahun Baru 2018

Tahun baru biasanya dimaknai sebagai pembaharuan hidup. Nah...di tahun baru kali ini saya pun mencoba ingin berubah menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumya.
Agar hidup saya lebih bermakna dan bermafaat tentunya bagi orang lain juga.
Berikut daftar resolusi tahun baru 2018 versi saya:

1. Lebih menjaga kesehatan
    Bagi saya kesehatan itu tak ternilai harganya, sekaya apapun dan sebanyak apapun duit anda kalau anda sakit ya percuma. Maka di tahun ini saya akan lebih banyak berolahraga dengan mengikuti berbagai kelas senam mulai dari BL, aerobik, zumba, dll. Setelah 2 tahun vacum sama sekali tak berolahraga pasca melahirkan baby nadine..kali ini saya memantapkan hati untuk berolahraga kembali. Demi menjaga kesehatan, kebugaran dan vitalitas tubuh. Terlebih saya masih mengalami kelebihan berat badan pasca kehamilan dan melahirkan. Selain senam juga memperbanyak jalan kaki, naik sepeda, dan aktivitas fisik lainnya. Biasanya di akhir pekan saya sempatkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan atau bersepeda bersama anak-anak diarea seputaran komplek. Olahraga yg satu ini murah meriah dan bikin bahagia..krn bisa bercengkerama bersama anak-anak dan juga menikmati alam sekitar dg biaya yg sangat murah bahkan tanpa biaya he he he.
Selain itu saya juga akan berusaha merubah pola makan dengan lebih banyak makan sayur, buah, lauk yg sehat dll.dan mengurangi camilan tidak sehat. Caranya ya dengan membeli dan men-stock makanan sehat dirumah. Jadi saya pastikan isi kulkas di rumah adalah makanan sehat terutama buah dan sayur. Berikut saya coba tulis daftar list buah dan sayur yg wajib ada di kulkas rumah:
- Bayam
- Wortel
- Loncang,sledri,kol
- Buncis
- Buah naga
- Apel
- Mangga
- Jeruk
- Semangka
- Yoghurt dan aneka produk susu (keju,UHT)
- Aneka lauk: ayam, ikan, telor dll.
Dan juga memperbaiki kualitas tidur...Nha mungkin ini yg susah karena 2 balita ku masih pada ngompol dan yg satu masih nenen..jd dalam semalam saya bisa terbangun beberapa kali..untuk mengganti celana, perlak, membuat susu dot, menemani anak2 yg pipis tengah malam ke WC dan nenen i yg paling kecil. Belum lagi suami jg pulang malam yg mana saya harus menyiapkan berbagai keperluannya.
Tapi setidaknya akan saya coba dengan mengurangi mamakai smartphone. Akan saya batasi maksimal jam8 malam, HP off...semoga saja bisa he he..
2. Lebih bahagia dan lebih menikmati hidup
    Tahun-tahun lalu sungguh tahun-tahun yg berat dalam hidup saya, bahkan mungkin rsa sakit dan trauma itu masih ada sampai sekarang. Tapi saya belajar satu hal bahwa kebahagiaan hidup kita itu tergantung pada diri kita sendiri. Kitalah yg memegang kendali atas apa yg terjadi dalam hidup kita, mau dibikin sudah atau mau dibikin senang. Kebahagiaan kita bukan tergantung orang lain. Jadi sebisa mungkin saya mencoba mandiri atas perasaan saya sendiri. Tidak tergantung orang lain dalam hal apapun, termasuk perasaan.
Mengurangi stres, juga termasuk dalam daftar list saya, sebisa mungkin saya meluangkan waktu untuk membahagiakan diri sendiri seperti memperbanyak "me time", pergi ke salon untuk sekedar spa dan creambath, pergi ke klinik kecantikan untuk facial dan perawatan wajah, berbelanja di mall, di toko maupun belanja via online, menonton film, mendengarkan musik yg saya suka, mengunjungi tempat-tempat wisata dll.
Saya belajar bahwa dalam hidup ini kita perlu menikmatinya, bahkan dari hal-hal yg kecil. Karena sebenarnya bahagia itu sederhana. Dari hal yg sederhana pun kita bisa bahagia...
3.Lebih memasrahkan diri terhadap ketentuan dari Tuhan
   Saya sadar betul bahwa saya ini manusia yg banyak kekurangan, banyak dosa dan sebagainya... tapi dalam hati kecil saya suatu saat nanti saya ingin berubah menjadi lebih baik, lebih dekat dengan Tuhan. Ikhlas itu satu kata yg mudah diucapkan tapi sungguh sangat susah untuk dipratekkan, dimana manusia seperti saya masih banyak dikuasi oleh rasa egois, sakit hati dan sifat-sifat jelek yg lainnya.
Semoga suatu saat nanti ada jalan..dimana saya bisa berubah menjadi lebih baik. Dan bermanfaat untuk orang lain. Mengurangi sifat boros saya, membagi-bagikan barang yg sudah terlalu banyak memenuhi rumah dan tidak terpakai agar dapat dimanfaatkan orang lain. Lebih bersahaja dan sederhana dalam hidup.
Saya yakin dan percaya Tuhan tahu isi dalam hati dan pikiran saya yg terdalam.
Dan suatu saat nanti Tuhan mengabulkan doa saya untuk selalu dekat dengan Tuhan.

Mungkin 3 catatan ini yg penting dalam hidup saya selama setahun ke depan. Membuat resolusi bagi saya yg penting terlaksana itu saja sudah cukup membuat saya bahagia.


Komentar

Postingan Populer