LAPORAN

Definisi Laporan
Laporan merupakan keterangan atau informasi yang dihimpun dan diolah serta disajikan secara tertulis. Laporan merupakan sarana komunikasi ke atas dalam organisasi untuk memberikan informasi feed back atas kebijaksaan yang dikeluarkan oleh organisasi. Jenis laporan tersebut biasa disebut laporan manajerial.

Peranan Laporan Manajerial :

  1. Memberikan gambaran menyeluruh mengenai perkembangan organisasi baik kekurangan atau kelebihan organisasi. Laporan berupa data atau fakta contohnya, bagian keuangan membuat laporan keuangan setiap bulan, dari laporan keuangan tersebut dapat dilihat perkembangan organisasi.
  2. Menunjukkan suatu segi yang perlu disempurnakan untuk kelancaran tugas organisasi, contohnya bagian kepegawaian melaporkan bahwa kinerja turun karena absensi meningkat, maka pimpinan perlu memberikan peringatan atau perbaikan keputusan lebih lanjut.
  3. Menyediakan data dalam pembuatan keputusan pimpinan yang tepat beserta tindakan yang akan dilaksanakan.
  4. Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan atau ide baru kepada pimpinan.                                            
Macam macam laporan manajerial :

  1. Laporan singkat. Laporan ini digunakan untuk mengemukakan berbagai macam info. Cara menyusun laporan : a. Induktif: fakta dikemukakan terlebih dulu sebelum dibuat kesimpulan atau rekomendasi. Contoh bentuk laporan ini adalah mengikuti seminar lalu membuat laporan. b. Deduktif: laporan diawali dengan suatu ringkasan atau kesimpulan kemudian fakta dikemukakan. Contoh bentuk laporan ini antara lain laporan perjalanan dinas, laporan kegiatan ultah organisasi dan laporan kunjungan.
  2. Laporan periodik. Laporan ini memberikan informasi secara teratur dan biasanya dibuat secara berkala, misalnya mingguan, triwulanan atau tahunan. Contoh bentuk laporan ini antara lain laporan keuangan, laporan kinerja pegawai, laporan kas kecil, laporan hasil penjualan dan laporan pembelian barang atau perlengkapan kantor.
  3. Laporan perkembangan. Laporan ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai kemajuan yang telah dicapai pada suatu program. Contoh laporan perkembangan pembangunan gedung, fasilitas kantor, pemberdayaan SDM dll.
Pedoman membuat laporan :

  1. Menggunakan bahasa yang jelas
  2. Menggunakan bahasa yang lugas
  3. Menggunakan bahasa yang umum
  4. Laporan harus lengkap guna mendukung proses pengambilan keputusan yang tepat.
  5. Laporan harus objektif 
  6. Laporan harus tepat waktu dalam penyampaiannya
  7. Laporan disusun secara sistematis sesuai dengan aturan-aturan dalam membuat laporan
Sistematika laporan :

  1. Pendahuluan. Bagian ini memuat latar belakang masalah, tujuan penulisan laporan dan sistematika laporan.
  2. Isi laporan dan pembahasan
  3. Penutup atau kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan disertai kritik dan saran.

Komentar

Postingan Populer