MANAJEMEN PERKANTORAN
Definisi
Manajemen: kegiatan atu fungsi kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain.
Perkantoran: sebagai pengarsipan formulir, dokumen surat, odner, penyelenggaraan pembukuan, pembayaran gaji dll. untuk menjaga kelangsungan organisasi tsb.
Kantor: tempat atau gedung dimana seseorang atau sekelompok orang bekerja mencapai tujuan.
Pekerjaan kertas/paper work, meliputi:
Tujuan perkantoran:
Manajemen: kegiatan atu fungsi kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain.
Perkantoran: sebagai pengarsipan formulir, dokumen surat, odner, penyelenggaraan pembukuan, pembayaran gaji dll. untuk menjaga kelangsungan organisasi tsb.
Kantor: tempat atau gedung dimana seseorang atau sekelompok orang bekerja mencapai tujuan.
Pekerjaan kertas/paper work, meliputi:
- Tulis menulis
- Catat mencatat
- Hitung menghitung
- manusia
- metoda/prosedur
- mesin
- uang
- marketing
- tujuan
- Planing. Adalah kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan oleh suatu organisasi di masa yang akan datang. Perencanaan muncul sebgai tanggapan bahwa senua organisasi formal/non formal pertama kali yaitu menetapkan tujuan. Perencanaan atau yang sering disebut sebagai kegiatan forecasting, ditentukan oleh: a.Variable luar: kondisi politik, ekonomi, lingkungan sekitar. b. Variabel dalam: keuangan, mesin, manusia.
- Organizing. Yaitu kerangka kerja yang mana berbagai kegiatan dan bagian-bagian produksi disatukan bersama sehingga tujuan dapat diraih seefisien dan seefektif mungkin. Pengorganisasian sering disebut who do what dibagi menjadi 2: a.Pengarahan. Adalah pemberian perintah (setelah fungsi/tugas ditentukan) kemudian mereka diserahi tugas. b. Pengkoordinasian. Tujuan pengorganisasian agar masing-masing bagian tidak saling tumpang tindih, agar harmonis.
- Actuating. Merupakan kelanjutan dari pengorganisasian, yaitu berupa penggerakan.
- Controlling. Atau pengawasan, yaitu membandingkan antara planning dan actuating. Apakah tujuan betul-betul sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tidak. Hasil perencanaan akan muncul feed back untuk memperbaiki perencanaan selanjutnya.
- Fungsi komunikasi. Komunikasi dipandang sebagai alat atau cara bagi suatu kantor untuk mencapai tujuan-tujuan yang dikehendaki.
- Fungsi pelayanan kearsipan/tata usaha
- Fungsi pengamanan aset/aktiva
- penanganan surat
- penerimaan tamu
- pelayanan telpon
- surat-menyurat/korespondensi
- penyimpanan arsip
- pembuatan laporan
Tujuan perkantoran:
- Meningkatkan kepuasan konsumen, pelanggan, klien.
- Memenangkan kompetisi dengan perusahaan/organisasi/kantor yang lain dengan baik.
Komentar
Posting Komentar