MANAJEMEN PERKANTORAN

Definisi
Manajemen: kegiatan atu fungsi kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain.
Perkantoran: sebagai pengarsipan formulir, dokumen surat, odner, penyelenggaraan pembukuan, pembayaran gaji dll. untuk menjaga kelangsungan organisasi tsb.
Kantor: tempat atau gedung dimana seseorang atau sekelompok orang bekerja mencapai tujuan.

Pekerjaan kertas/paper work, meliputi:
  1. Tulis menulis
  2. Catat mencatat
  3. Hitung menghitung
Elemen dasar/unsur kantor:
  1. manusia
  2. metoda/prosedur
  3. mesin
  4. uang
  5. marketing
  6. tujuan
Fungsi manajemen perkantoran:
  1. Planing. Adalah kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan oleh suatu organisasi di masa yang akan datang. Perencanaan muncul sebgai tanggapan bahwa senua organisasi formal/non formal pertama kali yaitu menetapkan tujuan. Perencanaan atau yang sering disebut sebagai kegiatan forecasting, ditentukan oleh: a.Variable luar: kondisi politik, ekonomi, lingkungan sekitar. b. Variabel dalam: keuangan, mesin, manusia.
  2. Organizing. Yaitu kerangka kerja yang mana berbagai kegiatan dan bagian-bagian produksi disatukan bersama sehingga tujuan dapat diraih seefisien dan seefektif mungkin. Pengorganisasian sering disebut who do what dibagi menjadi 2: a.Pengarahan. Adalah pemberian perintah (setelah fungsi/tugas ditentukan) kemudian mereka diserahi tugas. b. Pengkoordinasian. Tujuan pengorganisasian agar masing-masing bagian tidak saling tumpang tindih, agar harmonis.
  3. Actuating. Merupakan kelanjutan dari pengorganisasian, yaitu berupa penggerakan.
  4. Controlling. Atau pengawasan, yaitu membandingkan antara planning dan actuating. Apakah tujuan betul-betul sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tidak. Hasil perencanaan akan muncul feed back untuk memperbaiki perencanaan selanjutnya. 
Fungsi kantor:
  1. Fungsi komunikasi. Komunikasi dipandang sebagai alat atau cara bagi suatu kantor untuk mencapai tujuan-tujuan yang dikehendaki. 
  2. Fungsi pelayanan kearsipan/tata usaha
  3. Fungsi pengamanan aset/aktiva
Ruang lingkup kantor:
  1. penanganan surat
  2. penerimaan tamu
  3. pelayanan telpon
  4. surat-menyurat/korespondensi
  5. penyimpanan arsip
  6. pembuatan laporan
Manajemen perkantoran identik dengan POAC. Yaitu seluruh kegiatan POAC yang diarahkan untuk mencapai tujuan, dan tujuan akan tercapai apabila sumber daya, metode dan prosedur dimanfaatkan dengan baik. Tujuan utama manajemen perkantoran adalah tercapainya efektivitas dan efisiensi dalam segala tindakan dan aktivitas.

Tujuan perkantoran:
  1.  Meningkatkan kepuasan konsumen, pelanggan, klien.
  2. Memenangkan kompetisi dengan perusahaan/organisasi/kantor yang lain dengan baik.
Dalam suatu kantor yang kita kelola tidak hanya menusia, benda, fisik, aset, modal tapi kita mengatur manusia yang mempunyai motivasi untuk bekerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan dengan baik.

Komentar

Postingan Populer